Thursday 2 June 2011

Anda pengin artikel di bawah ini, silahkan klik download, dijamin pasti free download.


KEMUHAMMMADIYAHAN
Kelas XII Semester 6








BAB  XI (1)
PERKEMBANGAN ALAM PIKIRAN ISLAM

A.  Sejarah Timbulnya Aliran/Firqah dan Mazhab dalam Islam
Sejarah Islam pernah mengalami masa kejayaan, kemunduran dan kebangkitan kembali. Sejak masa perintisan dakwah oleh Nabi Muhammad SAW hingga sekarang telah mengalami jatuh bangun. Masa kejayaan Islam ditandai oleh besarnya dinasti Abasiyah, Umaiyah, Umaiyah Andalusia dan Fathimiyah. Karena faktor politik dan kekuasaan akhirnya terpecahlah persatuan dan kesatuan umat Islam dan dari situlah mulai timbul berbagai aliran. Dengan pemikiran atau ijtihad dari para ulama maka macam-macam aliran, firqah, dan mazhab terbentuk serta berkembang.  
1.   Timbulnya Aliran/Firqah
Setelah Rasulullah wafat, kekhalifahan Islam dilanjutkan oleh para sahabat atau disebut Khulafaur Rasyidin. Khalifah pertama yang diangkat adalah Abu Bakar, pada masa itu persatuan umat Islam dapat dipertahankan. Tongkat kekhalifahan lalu dilanjutkan oleh Umar bin Khattab setelah Abu Bakar wafat. Pada masa itu Islam telah masuk ke bangsa luar Arab. Pada masa Utsman bin Affan pelebaran dakwah Islam mengembang luas ke timur dan barat. Namun saying sebelum selesai jihad besar itu kaum muslimin ditimpa bencana besar. Pecahnya pemberontakan melawan amirul mu’minin khalifah Utsman.
Pemberontakan dimulai dari sejumlah orang yang tidak sependapat dengan kebijakan khalifah Utsman dan lalu meluas ke kota-kota besar Islam termasuk Kota Madinah. Pemberontakan itu mengakibatkan Utsman terbunuh. Maka menyebabkan pecahnya persatuan Umat Islam. Golongan yang tidak puas dengan Utsman kemudian mengangkat Ali bin Abi Thalib sebagai khalifah. Adapun golongan yang menuntut pembunuh Utsman mengikuti Mu’awaiyah bin Abu Sofyan. Permusuhan itu terus berlanjut hingga akhirnya khalifah Ali mengalami kelemahan dan kalah serta terbunuh. Kelompok Mu’awiyah (yang menuntut pengadilan atas pembunuhan Utsman) tampil memimpin masyarakat Islam dan biasa dikenal dengan Daulah Bani Umayah.
Dengan berakhirnya masa Khulafaur Rasyidin, kaum muslimin pada waktu itu setidaknya terpecah menjadi 3 kelompok, yaitu:
a.        Jumhur –ul –muslimin pendukung Mu’awiyah dan pemerintahannya.
b.        Syi’ah, pendukung yang tetap mencintai Ali dan ahli baitnya.
c.        Khawarij yang mendendam pada Utsman, Ali dan tidak tunduk pada Mu’awiyah. Khawarij secara kelembagaan tidak ada lagi.
Terpecahnya umat Islam menjadi berbagai alirah telah diperingatkan Nabi Muhammad SAW pada hadits yang diriwayatkan oleh Tirmidzi dari Ibnu Amir bin Ash bahwa Rasulullah bersabda:


“Sungguh Bani Israil terpecah menjadi 73 golongan. Dan umatku akan terpecah menjadi 73 golongan pula yang semuanya akan berada di neraka kecuali satu golongan. Para sahabat bertanya: golongan yang mana itu? Rasulullah menjawab: Ialah mereka yang tetap mengikuti jejakku dan para sahabat”.

2.   Sejarah Timbulnya Mazhab
Pada masa Daulah Abbasiyah sekitar abad XIII, Islam mengalami masa keemasan dalam bidang Ilmu Pengetahuan. Namun setelah masa itu dunia Islam mengalami kemunduran termasuk dalam bidang Fiqih atau hukum Islam. Kemunduran itu ditandai adanya taqlid kepada imam mazhab di kalangan umat Islam. Lahirnya mazhab-mazhab dipengaruhi dari kuatnya pengaruh para iman mujtahid, maka para pengikut tersebut dinamakan penganut mazhab.

B.    Macam-Macam Aliran/Firqah dan Mazhab
Firqah adalah pemikiran yang berkaitan dengan aqidah Islam.
1.      Macam-macam aliran atau firqah
a.  Syiah
Firqah Syiah adalah suatu aliran yang hidup dan berkembang pada masa Khalifah Ali bin Abi Thalib. Setelah terjadi pertentangan antara Mu’awiyah dan Khalifah Ali. Pertentangan itu selanjutnya menimbulkan beberapa golongan firqah yang mendukung khalifah dan menolak Mu’awiyah bin Abu Sofyan sebagai khalifah. Golongan itu menamakan dirinya golongan Syiah.
b.  Khawarij
Yang kecewa pada Ali dan tidak tunduk pada Mu’awiyah.
c.  Mu’tazilah
Aliran yang termasuk aliran dalam ilmu kalam (pemisah, memisahkan diri dari gurunya yaitu Al Basri yang terkenal dengan rasionalisme Islam karena banyak menggunakan akal dalam menafsirkan hal-hal yang berkaitan dengan aqidah).
d.  Ahlus Sunnah Wal Jamaah
Aliran yang termasuk aliran dalam ilmu kalam yaitu golongan yang berpegang pada sunnah dan merupakan mayoritas sebagai lawan bagi golongan/aliran Mu’tazilah yang bersifat minoritas dan tidak kuat berpegang pada sunnah yang dipelopori oleh Abu Hasan Al Asy’ari (260 – 324 H) yang lahir di Bagdad tahun 260 H dan wafat tahun 324 H.

2.      Macam-macam mazhab dalam Islam
a.     Mazhab Hanafi
Golongan yang menjadi pengikut Imam Abu Hanifah bin Nu’man bin Sabit.
b.     Mazhab Maliki
Golongan yang menjadi pengikut Imam Malik bin Anas
c.      Mazhab  Syafi’i
Golongan yang menjadi pengikut Imam Muhammad bin Idris Asy Syafi’i.
d.     Mazhab Hambali
Golongan yang menjadi pengikut Imam Ahmad bin Hanbal.

C.  Perkembangan Filsafat dan Tasawuf dalam Islam
Menurut bahasa, filsafat berasal dari kata Yunani yaitu philein (cinta) dan sophos (hikmah). Orang Arab memindahkan kata philosophia menjadi falsafah-falsafah. Dalam bahasa Indonesia dikenal dengan filsafat. Arti dan maksudnya adalah suka pada hikmah atau senang memikirkan dan menganalisa soal-soal kehidupan.

Adapun filsuf adalah orang yang suka kepada hikmah atau ahli pikir.  Berfilsafat berarti berpikir tetapi tidak semua berpikir berarti berfilsafat. Berfilsafat adalah berpikir secara mendalam dan sungguh-sungguh. Oleh karena itu filsafat berarti “berpikir secara mendalam, sistematik, radikal dan universal dalam rangka mencari kebenaran inti atau hakikat mengenai segala sesuatu yang ada”. (Sidi Gazalba)

Filsafat Islam adalah cara berpikir dan menganalisis sesuatu masalah atas dasar ajaran Islam memakai metode filsafat. Orang yang melakukan cara seperti itu disebut filsuf Islam. Dianatara filsuf Islan yang terkenal adalah:
1.      Al Farabi
2.      Ibnu Sina
3.      Al Ghazali
4.      Ibnu Rusyd

Beberapa ahli tasawuf, antara lain:
1.      Al Ghazali
2.      Al Qusyairy
3.      Syahabudin

4 comments:

  1. nama : merlina dwi a.
    kelas : XII AP 3
    no : 11
    ass

    makasih pak artikel nya ;)

    wss

    ReplyDelete
  2. mei fatmawati XII AK 3
    ass.... makasih pak atas tugas yang bapak berikan
    wasalamualaikum wr.wb

    ReplyDelete
  3. ass
    saya vera dari kelas XI MM 3
    mkasi pak buat smua artikel dan tugas" ny
    suksess ya pak :)
    wass

    ReplyDelete
  4. ass
    nama saya rina
    dari klas XI MM 3
    saya ucapkan terimakasih atas smua artikel dan tugas"nya
    smoga bisa bermanfa'at asminn....
    wass

    ReplyDelete