Saturday, 19 March 2011





RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Nama Sekolah     : SMK MUHAMMADIYAH 2 KLATEN UTARA
Mata Pelajaran     : Al-Islam dan Kemuhammadiyahan/Kemuhammadiyahan
Kelas/Semester  : XII / 6
Bab                         : XI (1) Perkembangan Alam Pikiran Islam
Waktu                     : .... x 45 menit

I.    STANDAR KOMPETENSI
1.     Memahami perkembangan alam pikiran Islam.

II.   KOMPETENSI DASAR
1.1 Menjelaskan sejarah timbulnya aliran/ firqah dalam Islam.
1.2 Menjelaskan  sejarah timbulnya mazhab dalam Islam.
1.3  Menjelaskan macam-macam aliran dalam Islam.
1.4 Menjelaskan  macam-macam mazhab dalam Islam.
1.5 Menjelaskan perkembangan filsafat dan tassawuf dalam Islam.
1.6 Mengambil hikmah dari mempelajari aliran , mazhab, filsafat, dan tassawuf dalam Islam.

III.  INDIKATOR
•       Menjelaskan sejarah timbulnya aliran/firqah.
•       Menguraikan sejarah timbulnya mazhab.
•       Menyebutkan macam-macam aliran / firqah.
•       Menyebutkan macam-macam mazhab.
•       Menerangkan  perkembangan filsafat Islam.
•       Mendeskripsikan perkembangan tassawuf Islam.
•       Mengambil hikmah dari mempelajari aliran, mazhab, filsafat, dan tassawuf dalam Islam.

IV. TUJUAN PEMBELAJARAN
Setelah mempelajari  bab ini, diharapkan siswa mampu:
•       Menjelaskan sejarah timbulnya aliran / firqah.
•       Menguraikan sejarah timbulnya mazhab.
•       Menyebutkan macam-macam aliran / firqah.
•       Menyebutkan macam-macam mazhab.
•       Menerangkan  perkembangan filsafat Islam.
•       Mendeskripsikan perkembangan tassawuf Islam.
•       Mengambil hikmah dari mempelajari aliran, mazhab, filsafat, dan tassawuf dalam Islam.

V.  MATERI POKOK
Perkembangan alam pikiran Islam.

VI. METODE PEMBELAJARAN
Diskusi, tanya jawab, dan penugasan.

VII. LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
Kegiatan Awal:
•     Apersepsi.
•     Mengajak siswa untuk merenungkan perkembangan alam pikiran Islam yang sangat bervariasi terutama di bidang aqidah dan syariah.
•     Tanya jawab.
Kegiatan Inti:
•     Siswa menggali informasi tentang sejarah timbulnya aliran / firqah.
•     Siswa berdiskusi tentang sejarah timbulnya mazhab dan macam-macam mazhab.
•     Siswa berdiskusi tentang macam-macam aliran / firqah
•     Presentasi siswa tentang perkembangan filsafat Islam.
•     Siswa menggali informasi tentang perkembangan tassawuf Islam.
•     Siswa bertanya jawab tentang hikmah dari mempelajari aliran, mazhab, filsafat, dan tassawuf dalam Islam.
•     Secara berkelompok siswa membuat resume tentang aliran, mazhab, filsafat, dan tassawuf dalam Islam.
Kegiatan Akhir:
•     Membuat kesimpulan bersama tentang perkembangan alam pikiran Islam.
•     Penugasan-penugasan kepada  siswa.

VIII. ALAT DAN SUMBER BELAJAR
•     Majelis Pendidikan Dasar dan Menengah Pimpinan Pusat Muhammadiyah. 2008. Al-Islam dan Kemuhammadiyahan  Kelas XII Semester 2. Yogyakarta: Mentari Pustaka.
•     Muhammadiyah sebagai Gerakan Islam, Mustafa Kamal Pasha dan Ahmad Adaby Darban: LPPI - UMY.
•     Manhaj Tarjih Muhammadiyah (metodologi dan aplikasi), Asjmuni Abdurahman , 2004.
•     Sejarah Kebudayaan Islam, A. Hasjmy, Bulan Bintang, 1995.
•     Sumber-sumber lain yang relevan.

IX. PENILAIAN
•     Tes lisan
•     Tes tertulis
•     Tes perbuatan/sikap
•     Tes hasil karya

LEMBAR PENILAIAN
I.    Tes Tertulis
No.
Butir-Butir Soal
Kunci Jawaban

1.
2.
3.


…..
…..
…..

…………………………..
…………………………..
…………………………..

II.   Tes Perbuatan
•       Kegiatan berdiskusi
Aspek yang dinilai:
(1)   keberanian bertanya/berpendapat,
(2)   keaktifan dalam diskusi,
(3)   kualitas pertanyaan/pendapat.

Tabel Penilaian

No.
Nama
Aspek yang Dinilai
Skor Nilai
Catatan Guru
(1)
(2)
(3)
(4)
1.
2.
3.

…..
…..
…..







Catatan:
Skor penilaian yang digunakan.
(A)   sangat baik            : 85–100
(B)   baik                          : 70–84
(C)   kurang                    : 55–69

III.  Tes Sikap
No.
Pernyataan
   SS
S
TS   
STS
1.


2.

Umat Islam terpecah karena sifat taqlidnya terhadap
pendapat Imam Mazhab.

Aliran yang paling banyak pengikutnya di Indonesia
adalah Ahlus sunnah wal jamaah.





Keterangan                                                                    Skor Tes Sikap
SS    : Sangat Setuju                                                    4
S       : Setuju                                                                  3
TS     : Tidak Setuju                                                       2
STS : Sangat Tidak Setuju                                          1
(Penentuan skor tes diserahkan kepada guru dengan mempertimbangkan bunyi pernyataan: positif atau negatif)

IV. Tes Hasil Karya
•        Kegiatan membuat makalah
Aspek yang dinilai:
(1)   kebenaran isi,
(2)   alur berpikir dan bahasa,
(3)   kreativitas.

Tabel Penilaian

No.
Nama
Aspek yang Dinilai
Skor Nilai
Catatan Guru
(1)
(2)
(3)
(4)
1.
2.
3.

…..
…..
…..







Catatan:
Skor penilaian yang digunakan.
(A)   sangat baik            : 85–100
(B)   baik                          : 70–84
(C)   kurang                    : 55–69


Klaten,       Juli 20 …..


Guru Mata Pelajaran



JOKO PURWOTO, S.PdI
NBM. 944195



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Nama Sekolah   : SMK MUHAMMADIYAH 2 KLATEN UTARA
Mata Pelajaran   : Al-Islam dan Kemuhammadiyahan/Kemuhammadiyahan
Kelas/Semester : XII / 6
Bab                       : XII (2) Sikap Muhammadiyah terhadap Perkembangan Alam Pikiran Islam
Waktu                   : .... x 45 menit

I.    STANDAR KOMPETENSI
2.   Memahami sikap Muhammadiyah terhadap perkembangan alam pikiran Islam.

II.   KOMPETENSI DASAR
2.1 Menjelaskan sikap Muhammadiyah terhadap aliran dan mazhab.
2.2 Menjelaskan sikap Muhammadiyah terhadap perkembangan filsafat dan tassawuf.
2.3 Menampilkan sikap moderat terdapat berbagai faham dan aliran sesuai faham keagamaan Muhammadiyah.

III. INDIKATOR
•       Menjelaskan sikap Muhammadiyah terhadap aliran.
•       Menerangkan sikap Muhammadiyah terhadap Mazhab.
•       Menguraikan sikap Muhammadiyah terhadap perkembangan filasafat Islam.
•       Mendeskripsikan  sikap Muhammadiyah terhadap perkembangan tassawuf Islam.
•       Menampilkan sikap moderat terdapat berbagai faham dan aliran sesuai faham keagamaan Muhammadiyah.

IV. TUJUAN PEMBELAJARAN
Setelah mempelajari bab ini, diharapkan siswa mampu:
•       Menjelaskan sikap Muhammadiyah terhadap aliran.
•       Menerangkan sikap Muhammadiyah terhadap Mazhab.
•       Menguraikan  sikap Muhammadiyah terhadap perkembangan filasafat Islam.
•       Mendeskripsikan  sikap Muhammadiyah terhadap perkembangan tassawuf Islam.
•       Menampilkan sikap moderat terdapat berbagai faham dan aliran sesuai faham keagamaan Muhammadiyah.

V.  MATERI POKOK
Sikap Muhammadiyah terhadap perkembangan alam pikiran Islam.

VI. METODE PEMBELAJARAN
Diskusi, tanya jawab, dan penugasan.

VII. LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
Kegiatan Awal:
•       Apersepsi.
•       Mengajak siswa untuk merenungkan Muhammadiyah sebagai organisasi Islam yang memiliki misi dakwah amar ma’ruf nahi munkar serta memurnikan ajaran Islam dari berbagai pengaruh atau paham yang menyimpang.
•       Tanya jawab.
Kegiatan Inti:
•       Siswa menggali informasi tentang sikap Muhammadiyah terhadap aliran.
•       Siswa berdiskusi tentang sikap Muhammadiyah terhadap mazhab.
•       Siswa berdiskusi tentang sikap Muhammadiyah terhadap perkembangan filasafat Islam.
•       Presentasi siswa tentang sikap Muhammadiyah terhadap perkembangan tassawuf Islam.
•       Siswa bertanya jawab tentang sikap moderat terhadap berbagai faham dan aliran sesuai faham keagamaan Muhammadiyah.
•       Secara berkelompok siswa membuat makalah tentang sikap moderat terhadap berbagai faham dan aliran sesuai faham keagamaan Muhammadiyah.
Kegiatan akhir:
•       Membuat kesimpulan bersama tentang sikap Muhammadiyah terhadap perkembangan alam pikiran Islam.
•       Penugasan-penugasan kepada  siswa.

VIII. ALAT DAN SUMBER BELAJAR
•       Majelis Pendidikan Dasar dan Menengah Pimpinan Pusat Muhammadiyah. 2008. Al-Islam dan Kemuhammadiyahan  Kelas XII Semester 2. Yogyakarta: Mentari Pustaka.
•       Muhammadiyah sebagai Gerakan Islam, Mustafa Kamal Pasha dan Ahmad Adaby Darban: LPPI - UMY.
•       Manhaj Tarjih Muhammadiyah ( metodologi dan aplikasi) , Asjmuni Abdurahman , 2004.
•       Berita Resmi Muhammadiyah , Tanfids hasil Muktamar  45 di Malang Tahun 2005.
•       Sejarah Kebudayaan Islam , A. Hasjmy, Bulan Bintang, 1995.
•       Sumber-sumber lain yang relevan.

IX. PENILAIAN
•       Tes lisan
•       Tes tertulis
•       Tes perbuatan
•       Tes hasil karya

LEMBAR PENILAIAN

I.    Tes Tertulis
No.
Butir-Butir Soal
Kunci Jawaban

1.
2.
3.


…..
…..
…..

…………………………..
…………………………..
…………………………..


II.   Tes Perbuatan
•     Kegiatan berdiskusi
Aspek yang dinilai:
(1)  keberanian bertanya/berpendapat,
(2)  keaktifan dalam diskusi,
(3)  kualitas pertanyaan/pendapat.

Tabel Penilaian

No.
Nama
Aspek yang Dinilai
Skor Nilai
Catatan Guru
(1)
(2)
(3)
(4)
1.
2.
3.

…..
…..
…..







Catatan:
Skor penilaian yang digunakan.
(A)   sangat baik            : 85–100
(B)   baik                          : 70–84
(C)   kurang                    : 55–69


III. Tes Hasil Karya
•        Kegiatan membuat makalah
Aspek yang dinilai:
(1)   kebenaran isi,
(2)   alur berpikir dan bahasa,
(3)   kreativitas.

Tabel Penilaian

No.
Nama
Aspek yang Dinilai
Skor Nilai
Catatan Guru
(1)
(2)
(3)
(4)
1.
2.
3.

…..
…..
…..







Catatan:
Skor penilaian yang digunakan.
(A)   sangat baik            : 85–100
(B)   baik                          : 70–84
(C)   kurang                    : 55–69



Klaten,       Juli 20 …..

Guru Mata Pelajaran



JOKO PURWOTO, S.PdI
NBM. 944195





1 comment:

  1. Bismillahirrahmaanirrahiim, materinya ada tidak pak..

    ReplyDelete