Saturday 19 March 2011



RPP Kemuhammadiyahan Kelas XI Semester 4 SMK/SMA/MA Berdasarkan Standar Isi Terkini  Free Download





RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Nama Sekolah     : SMK MUHAMMADIYAH 2 KLATEN UTARA
Mata Pelajaran     : Al-Islam dan Kemuhammadiyahan/Kemuhammadiyahan
Kelas/Semester   : XI / 4
Bab                         : XV (1) Kepribadian Muhammadiyah
Waktu                     : .... x 45 menit

I.    STANDAR KOMPETENSI
1.      Memahami kepribadian Muhammadiyah.

II.   KOMPETENSI DASAR
1.1    Menjelaskan pengertian kepribadian Muhammadiyah.
1.2    Menjelaskan sejarah perumusan kepribadian Muhamamdiyah.
1.3    Menjelaskan fungsi kepribadian Muhamamdiyah.
1.4    Menjelaskan hakikat kepribadian Muhamamdiyah.
1.5    Menjelaskan matan kepribadian Muhamamdiyah.
1.6    Menampilkan perilaku sesuai dengan kepribadian Muhammadiyah dalam kehidupan sehari-hari.

III. INDIKATOR
•        Mendefinisikan pengertian kepribadian Muhammadiyah.
•        Menguraikan sejarah perumusan kepribadian Muhammadiyah.
•        Menerangkan fungsi kepribadian Muhammadiyah.
•        Menjabarkan hakikat kepribadian Muhammadiyah.
•        Menjelaskan matan kepribadian Muhammadiyah.
•        Menampilkan perilaku sesuai dengan kepribadian Muhammadiyah dalam kehidupan sehari-hari.

IV. TUJUAN PEMBELAJARAN
Setelah mempelajari bab ini, diharapkan siswa mampu:
1.      Mendefinisikan  pengertian kepribadian Muhammadiyah.
2.      Menjabarkan sejarah perumusan kepribadian Muhammadiyah.
3.      Menguraikan fungsi kepribadian Muhammadiyah.
4.      Menerangkan hakikat kepribadian Muhammadiyah.
5.      Menjelaskan matan kepribadian Muhammadiyah.
6.      Menampilkan perilaku sesuai dengan kepribadian Muhammadiyah dalam kehidupan sehari-hari.

V.   MATERI POKOK
Kepribadian Muhammadiyah

VI. METODE PEMBELAJARAN
Diskusi, tanya jawab, dan penugasan

VII. LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
Kegiatan Awal:
•        Apersepsi.
•        Mengajak siswa untuk merenungkan jati diri Muhammadiyah.
•        Tanya jawab.
Kegiatan Inti:
•        Siswa menggali informasi dari berbagai sumber untuk memahami pengertian kepribadian Muhammadiyah.
•        Siswa berdiskusi tentang  sejarah perumusan kepribadian Muhammadiyah.
•        Siswa menyebutkan  fungsi kepribadian Muhammadiyah.
•        Siswa mempresentasikan   hakikat kepribadian Muhammadiyah.
•        Siswa membaca dan mendiskusikan  matan kepribadian Muhammadiyah.
•        Siswa mempraktikkan perilaku sesuai dengan kepribadian Muhammadiyah dalam kehidupan sehari-hari.
Kegiatan Akhir:
•        Membuat kesimpulan bersama tentang kepribadian Muhammadiyah.
•        Penugasan-penugasan untuk siswa.

VIII. ALAT DAN SUMBER BELAJAR
•        Majelis Pendidikan Dasar dan Menengah Pimpinan Pusat Muhammadiyah. 2008. Al-Islam dan Kemuhammadiyahan  Kelas XI Semester 2. Yogyakarta: Mentari Pustaka.
•        Muhammadiyah sebagai Gerakan Islam, Mustafa kemal Pasha, LPPI- UMY.
•        Berita resmi Muhammmadiyah ( BRM), Tanfids  keputusan tanwir  Muhammadiyah Tahun 2007.
•        Idiologi dan strategi Muhammadiyah, Hamdan Hambali, Suara Muhammadiyah , 2006.
•        Sumber lain yang relevan

IX. PENILAIAN
•        Tes lisan
•        Tes tertulis
•        Tes perbuatan

LEMBAR PENILAIAN
I.    Tes Tertulis
No.
Butir-Butir Soal
Kunci Jawaban

1.
2.
3.



…………………………………
…………………………………
…………………………………

…………………………………
…………………………………
…………………………………


II. Tes Perbuatan
•        Kegiatan berdiskusi
Aspek yang dinilai:
(1) keberanian bertanya/berpendapat,
(2) keaktifan dalam diskusi,
(3) kualitas pertanyaan/pendapat.

Tabel Penilaian

No.
Nama
Aspek yang Dinilai
Skor Nilai
Catatan Guru
(1)
(2)
(3)
(4)
1.
2.
3.

…..
…..
…..







Catatan:
Skor penilaian yang digunakan.
(A) sangat baik              : 85–100
(B) baik                            : 70–84
(C) kurang                      : 55–69



Klaten,       Juli 20 …..

Guru Mata Pelajaran




JOKO PURWOTO, S.PdI
NBM. 944195

  
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Nama Sekolah     : SMK MUHAMMADIYAH 2 KLATEN UTARA
Mata Pelajaran     : Al-Islam dan Kemuhammadiyahan/Kemuhammadiyahan
Kelas/Semester   : XI / 4
Bab                         : XVI (2) Landasan Idiologi Persyarikatan Muhammadiyah
Waktu                     : .... x 45 menit

I.    STANDAR KOMPETENSI
1.      Memahami landasan idiologi persyarikatan Muhammadiyah.

II.   KOMPETENSI DASAR
2.1    Menjelaskan pengertian Matan Keyakinan dan Cita-cita Hidup Muhammadiyah ( MKCHM).
2.2    Menjelaskan sejarah perumusan Matan Keyakinan dan Cita-cita Hidup Muhammadiyah (MKCHM).
2.3    Menjelaskan fungsi  Matan Keyakinan dan Cita-cita Hidup Muhammadiyah ( MKCHM).
2.4    Membiasakan berperilaku sesuai nilai-nilai dasar perjuangan persyarikatan Muhammadiyah.

III. INDIKATOR
•        Mendeskripsikan pengertian Matan Keyakinan dan Cita-cita Hidup Muhammadiyah (MKCHM).
•        Memaparkan  sejarah perumusan Matan Keyakinan dan Cita-cita Hidup Muhammadiyah.
•        Menjelaskan  fungsi  Matan Keyakinan dan Cita-cita Hidup Muhammadiyah ( MKCHM).
•        Membiasakan berperilaku sesuai nilai-nilai dasar perjuangan persyarikatan Muhammadiyah.

IV. TUJUAN PEMBELAJARAN
Setelah mempelajari bab ini, diharapkan siswa mampu:
•        Mendefinisikan pengertian Matan Keyakinan dan Cita-cita Hidup Muhammadiyah ( MKCHM).
•        Menjelaskan sejarah perumusan Matan Keyakinan dan Cita-cita Hidup Muhammadiyah.
•        Menguraikan   fungsi  Matan Keyakinan dan Cita-cita Hidup Muhammadiyah ( MKCHM).
•        Membiasakan berperilaku sesuai nilai-nilai dasar perjuangan persyarikatan Muhammadiyah.

V.   MATERI POKOK
Landasan idiologi persyarikatan Muhammadiyah

VI. METODE PEMBELAJARAN
Diskusi, tanya jawab, dan penugasan

VII. LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
Kegiatan Awal:
•        Apersepsi.
•        Mengajak siswa untuk bertanya jawab tentang landasan dasar dan landasan idiologi.
Kegiatan inti:
•        Siswa menggali informasi dari berbagai sumber untuk memahami pengertian Matan Keyakinan dan Cita-cita Hidup Muhammadiyah ( MKCHM).
•        Siswa menelaah dan mempresentasikan sejarah perumusan Matan Keyakinan dan Cita-cita Hidup Muhammadiyah ( MKCHM).
•       Siswa mempelajari   dan mendiskusikan fungsi  Matan Keyakinan dan Cita-cita Hidup Muhammadiyah (MKCHM).
•        Siswa mempraktikan berperilaku sesuai nilai-nilai dasar perjuangan persyarikatan Muhammadiyah
Kegiatan Akhir:
•        Membuat kesimpulan bersama tentang kepribadian Muhammadiyah.
•        Penugasan-penugasan untuk siswa.

VIII. ALAT DAN SUMBER BELAJAR
•        Majelis Pendidikan Dasar dan Menengah Pimpinan Pusat Muhammadiyah. 2008. Al-Islam dan Kemuhammadiyahan  Kelas XI Semester 2. Yogyakarta: Mentari Pustaka.
•        Muhammadiyah sebagai Gerakan Islam, Mustafa kemal Pasha, LPPI- UMY.
•        Berita Resmi Muhammmadiyah ( BRM), Tanfids  keputusan tanwir  Muhammadiyah Tahun 2007.
•        Idiologi dan strategi Muhammadiyah, Hamdan Hambali, Suara Muhammadiyah , 2006.
•        Sumber lain yang relevan

IX. PENILAIAN
•        Tes lisan
•        Tes tertulis
•        Tes perbuatan/sikap

LEMBAR PENILAIAN
I.    Tes Tertulis
No.
Butir-Butir Soal
Kunci Jawaban

1.
2.
3.



…………………………………
…………………………………
…………………………………

…………………………………
…………………………………
…………………………………


II.   Tes Sikap
No.
Pernyataan
   SS
S
TS   
STS
1.


2.

Revitalisasi Idiologi Muhamamdiyah harus mempertimbangkan perkembangan zaman.

Selama ini ijtihad yang dilakukan Muhammadiyah adalah
tanggung jawab majelis Tarjih.




Keterangan                                                                    Skor Tes Sikap
SS    : Sangat Setuju                                                    4
S       : Setuju                                                                  3
TS     : Tidak Setuju                                                       2
STS : Sangat Tidak Setuju                                          1
(Penentuan skor tes diserahkan kepada guru dengan mempertimbangkan bunyi pernyataan: positif atau negatif)

III. Tes Perbuatan
• Kegiatan diskusi
Aspek yang dinilai:
(1) keberanian bertanya/berpendapat,
(2) keaktifan dalam diskusi,
(3) kualitas pertanyaan/pendapat.

Tabel Penilaian
No.
Nama
Aspek yang Dinilai
Skor Nilai
Catatan Guru
(1)
(2)
(3)
(4)
1.
2.
3.

…..
…..
…..






Catatan:
Skor penilaian yang digunakan.
(A) sangat baik              : 85–100
(B) baik                            : 70–84
(C) kurang                      : 55–69




Klaten,       Juli 20 …..

Guru Mata Pelajaran




JOKO PURWOTO, S.PdI
NBM. 944195



No comments:

Post a Comment