RPP Kemuhammadiyahan Kelas X Semester 1 SMK/SMA/MA Berdasarkan Standar Isi Terkini Free Download
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Nama Sekolah : SMK MUHAMMADIYAH 2 KLATEN UTARA
Mata Pelajaran : Al-Islam dan Kemuhammadiyahan/Kemuhammadiyahan
Kelas/Semester : X / 1
Bab : XVI Arti Kemuhammadiyahan
Waktu : .... x 45 menit
I. STANDAR KOMPETENSI
1. Memahami pendidikan kemuhammadiyahan.
II. KOMPETENSI DASAR
1.1 Menjelaskan pengertian pendidikan kemuhammadiyahan.
1.2 Menjelaskan maksud, tujuan, dan ruang lingkup pendidikan kemuhammadiyahan.
1.3 Menyebutkan dan menghayati janji pelajar Muhammadiyah.
1.4 Menampilkan nilai-nilai pendidikan kemuhammadiyahan dalam kehidupan sehari-hari.
III. INDIKATOR
• Mengetahui pengertian pendidikan Muhammadiyah.
• Mengetahui maksud pendidikan Muhammadiyah.
• Mengetahui tujuan pendidikan Muhammadiyah.
• Mengetahui ruang lingkup pendidikan Muhammadiyah.
• Menyebutkan janji pelajar Muhammadiyah.
• Pahami isi janji pelajar Muhammadiyah.
• Menunjukkan nilai-nilai-nilai pendidikan kemuhammadiyahan dalam kehidupan sehari-hari.
IV. TUJUAN PEMBELAJARAN
Setelah mempelajari bab ini, diharapkan siswa mampu:
1. Menjelaskan pengertian pendidikan Muhammadiyah.
2. Menjelaskan maksud, tujuan, dan ruang lingkup pendidikan Muhammadiyah.
3. Menyebutkan dan menghayati isi janji pelajar Muhammadiyah.
4. Menunjukkan nilai-nilai pendidikan kemuhammadiyahan dalam kehidupan sehari-hari.
V. MATERI POKOK
Arti Kemuhammadiyahan
VI. METODE PEMBELAJARAN
Diskusi, tanya jawab, penugasan, dan ceramah.
VII. LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
Kegiatan Awal:
• Apersepsi.
• Mengajak siswa untuk mengingat dan bertanya jawab materi yang telah lalu.
• Mengajak siswa merenungkan bagian integral dari Kemuhammadiyahan, seperti pengertian,
maksud, dan tujuan.
Kegiatan Inti:
• Siswa mendefinisikan pengertian pendidikan kemuhammadiyahan.
• Siswa berdiskusi tentang maksud, tujuan, dan ruang lingkup pendidikan Kemuhammadiyahan.
• Siswa menyebutkan janji pelajar Muhammadiyah.
• Tanya jawab untuk memahami isi janji pelajar Muhammadiyah.
• Siswa membuat laporan tentang tema seputar arti kemuhammadiyahan.
Kegiatan Akhir:
• Memberi tugas siswa untuk mengerjakan soal evaluasi.
• Memberi tugas siswa untuk menghafal janji pelajar Muhammadiyah.
• Membuat tugas ke siswa nilai yang perlu diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.
• Menutup pertemuan dengan salam.
VIII. ALAT DAN SUMBER BELAJAR
• Majelis Pendidikan Dasar dan Menengah Pimpinan Pusat Muhammadiyah. 2008. Al-Islam
dan Kemuhammadiyahan Kelas X Semester 1. Yogyakarta : Mentari Pustaka.
• Sumber lain yang relevan.
IX. PENILAIAN
• Tes lisan
• Tes tertulis
• Tes perbuatan
• Tes sikap
• Tes hasil karya
LEMBAR PENILAIAN
I. Tes Tertulis
No. | Butir-Butir Soal | Kunci Jawaban |
1. 2. 3. | ……………………………. ……………………………. ……………………………. | ……………………………. ……………………………. ……………………………. |
II. Tes Perbuatan
• Menyebutkan janji pelajar Muhammadiyah
No. | Nama | Kemampuan Menghafal Janji Pelajar Muhammadiyah | ||||
A | B | C | D | E | ||
1. 2. 3. | ….. ….. ….. |
Keterangan Skor Tes Perbuatan
1. Mengucap dengan lancar dan baik 80 – 90 = A
2. Mengucap lancar kurang baik 70 – 79 = B
3. Mengucap terbata-bata 60 – 69 = C
4. Mengucap terbata-bata dengan bantuan guru 50 – 59 = D
5. Tidak hafal sama sekali kurang dari 50 = E
III. Tes Sikap
No. | Pernyataan | SS | S | TS | STS |
1. 2. | Muhammadiyah memerlukan penerus keyakinan, cita- cita, dan amal usahanya Muhammadiyah perlu dikenal oleh angkatan muda Muhammadiyah |
Keterangan Skor Tes Sikap
SS : Sangat Setuju 4
S : Setuju 3
TS : Tidak Setuju 2
STS : Sangat Tidak Setuju 1
(Penentuan skor tes diserahkan kepada guru dengan mempertimbangkan bunyi pernyataan: positif atau negatif)
IV. Tes Hasil Karya
• Kegiatan membuat laporan
Aspek yang dinilai:
(1) kebenaran isi,
(2) alur berpikir dan bahasa,
(3) kreativitas,
(4) variasi sumber.
Tabel Penilaian
No. | Nama | Aspek yang Dinilai | Skor Nilai | Catatan Guru | |||
(1) | (2) | (3) | (4) | ||||
1. 2. 3. | ….. ….. ….. |
Catatan:
Skor penilaian yang digunakan.
(A) sangat baik : 85–100
(B) baik : 70–84
(C) kurang : 55–69
Klaten, Juli 20 …..
Kepala Guru Mata Pelajaran
JOKO PURWOTO, S.PdI
NBM. 944195
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Nama Sekolah : SMK MUHAMMADIYAH 2 KLATEN UTARA
Mata Pelajaran : Al-Islam dan Kemuhammadiyahan/Kemuhammadiyahan
Kelas/Semester : X / 1
Bab : XVII (2) Perkembangan Dunia Islam
Waktu : .... x 45 menit
I. STANDAR KOMPETENSI
2. Memahami perkembangan dunia Islam sejak abad VII – XVII.
II. KOMPETENSI DASAR
2.1 Menjelaskan masa kejayaan Islam abad VII – X di Bagdad dan Cordova.
2.2 Menjelaskan kemunduran Islam pada abad XI – XVII.
2.3 Menjelaskan latar belakang kebangkitan dunia Islam .
2.4 Menyebutkan tokoh-tokoh pelopor gerakan kebangkitan dunia Islam di Arab Saudi, Mesir, Turki , India , dan Pakistan .
2.5 Menjelaskan Muhammadiyah periode awal.
2.6 Mengambil hikmah dari sebab-sebab kemajuan dan kemunduran dunia Islam.
III. INDIKATOR
• Mendeskripsikan kejayaan Islam abad VII– X di Bagdad.
• Mendeskripsikan kejayaan Islam abad VII– X di Cordova.
• Mendeskripsikan kemunduran Islam abad XI – XVIII.
• Mengetahui latar belakang kebangkitan dunia Islam.
• Menyebutkan tokoh-tokoh pelopor gerakan kebangkitan dunia Islam di Arab Saudi.
• Menyebutkan tokoh-tokoh pelopor gerakan kebangkitan dunia Islam di Mesir.
• Menyebutkan tokoh-tokoh pelopor gerakan kebangkitan dunia Islam di Turki.
• Menyebutkan tokoh-tokoh pelopor gerakan kebangkitan dunia Islam di India.
• Menyebutkan tokoh-tokoh pelopor gerakan kebangkitan dunia Islam di Pakistan.
• Mengetahui Muhammadiyah periode awal.
• Menyebutkan sebab-sebab kemajuan dan kemunduran dunia Islam.
IV. TUJUAN PEMBELAJARAN
Setelah mempelajari bab ini, diharapkan siswa mampu:
1. Menjelaskan masa kejayaan Islam abad VII – X di Bagdad dan Cordova.
2. Menjelaskan kemunduran Islam pada abad XI – XVII.
3. Menjelaskan latar belakang kebangkitan dunia Islam.
4. Menyebutkan tokoh-tokoh pelopor gerakan kabangkitan dunia Islam di Arab Saudi, Mesir, Turki , India , dan Pakistan .
5. Menjelaskan Muhammadiyah periode awal.
6. Mengambil hikmah dari sebab-sebab kemajuan dan kemunduran dunia Islam.
V. MATERI POKOK
Perkembangan Dunia Islam
VI. METODE PEMBELAJARAN
Diskusi, tanya jawab, dan penugasan
VII. LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
Kegiatan Awal:
• Apersepsi.
• Mengajak siswa untuk mengingat dan bertanya jawab materi yang telah lalu.
• Mengajak siswa merenungkan kejayaan Islam pada abad VII sampai X Masehi.
Kegiatan Inti:
• Siswa mengkaji kejayaan Islam abad VII–X di Bagdad.
• Siswa mengkaji kejayaan Islam abad VII– X di Cordova.
• Siswa mendiskusikan kemunduran Islam abad XI – XVIII.
• Siswa mendiskusikan latar belakang kebangkitan dunia Islam.
• Siswa menyebutkan tokoh-tokoh pelopor gerakan kebangkitan dunia Islam di Arab Saudi.
• Siswa menyebutkan tokoh-tokoh pelopor gerakan kebangkitan dunia Islam di Mesir.
• Siswa menyebutkan tokoh-tokoh pelopor gerakan kebangkitan dunia Islam di Turki.
• Siswa menyebutkan tokoh-tokoh pelopor gerakan kebangkitan dunia Islam di India.
• Menyebutkan tokoh-tokoh pelopor gerakan kebangkitan dunia Islam di Pakistan.
• Siswa mendiskusikan Muhammadiyah periode awal.
• Siswa membuat resume sebab-sebab kemajuan dan kemunduran dunia Islam.
Kegiatan Akhir:
• Memberi tugas siswa untuk mengerjakan soal evaluasi.
• Memberi tugas siswa untuk membuat biografi salah satu tokoh pembaru Islam.
• Menutup pertemuan dengan salam.
VIII. ALAT DAN SUMBER BELAJAR
• Majelis Pendidikan Dasar dan Menengah Pimpinan Pusat Muhammadiyah. 2008. Al-Islam dan Kemuhammadiyahan Kelas X Semester 1. Yogyakarta : Mentari Pustaka.
• Muhammadiyah sebagai Gerakan Islam: Mustafa Kamal Pasha dan Ahmad Adaby Darban: LPPI-UMY.
• Sumber lain yang relevan.
IX. PENILAIAN
• Tes lisan
• Tes tertulis
• Tes perbuatan
• Tes sikap
• Tes hasil karya
LEMBAR PENILAIAN
I. Tes Tertulis
No. | Butir-Butir Soal | Kunci Jawaban |
1. 2. 3. | ……………………………. ……………………………. ……………………………. | ……………………………. ……………………………. ……………………………. |
II. Tes Perbuatan
Kemampuan menyatakan pendapat untuk menyerukan pembaruan Islam untuk memerangi akidah yang menyimpang.
No. | Nama | Kemampuan menyatakan pendapat untuk menyerukan pembaruan Islam untuk memerangi akidah yang menyimpang | ||||
A | B | C | D | E | ||
1. 2. 3. | ….. ….. ….. |
Keterangan Skor Tes Perbuatan
1. Mengucap dengan lancar dan baik 80 – 90 = A
2. Mengucap lancar kurang baik 70 – 79 = B
3. Berpendapat baik namun tidak lancar 60 – 69 = C
4. Mengucap dengan bantuan guru 50 – 59 = D
5. Tidak apresiasif kurang dari 50 = E
III. Tes Sikap
No. | Pernyataan | SS | S | TS | STS |
1. 2. | Mengikuti seruan Ibnu Taimiyah untuk memurnikan tauhid Islam. Usaha K.H. Ahmad Dahlan menggerakkan tabligh Islam, meningkatkan harkat dan martabat umat Islam. |
Keterangan Skor Tes Sikap
SS : Sangat Setuju 4
S : Setuju 3
TS : Tidak Setuju 2
STS : Sangat Tidak Setuju 1
(Penentuan skor tes diserahkan kepada guru dengan mempertimbangkan bunyi pernyataan: positif atau negatif)
IV. Tes Hasil Karya
• Kegiatan membuat resume
Aspek yang dinilai:
(1) kebenaran isi,
(2) alur berpikir dan bahasa,
(3) kreativitas,
(4) variasi sumber.
Tabel Penilaian
No. | Nama | Aspek yang Dinilai | Skor Nilai | Catatan Guru | |||
(1) | (2) | (3) | (4) | ||||
1. 2. 3. | ….. ….. ….. |
Catatan:
Skor penilaian yang digunakan.
(A) sangat baik : 85–100
(B) baik : 70–84
(C) kurang : 55–69
Klaten, Juli 20 …..
Kepala Guru Mata Pelajaran
JOKO PURWOTO, S.PdI
NBM. 944195
Nama Sekolah : SMK MUHAMMADIYAH 2 KLATEN UTARA
Mata Pelajaran : Al-Islam dan Kemuhammadiyahan/Kemuhammadiyahan
Kelas/Semester : X / 1
Bab : XVIII (3) Muhammadiyah sebagai Gerakan Islam
Waktu : .... x 45 menit
I. STANDAR KOMPETENSI
3. Memahami Muhammadiyah sebagai Gerakan Islam.
II. KOMPETENSI DASAR
3.1 Menjelaskan pengertian Muhammadiyah sebagai gerakan Islam.
3.2 Menjelaskan latar belakang berdirinya Muhammadiyah.
3.3 Menjelaskan maksud dan tujuan Muhammadiyah.
3.4 Menjelaskan amal usaha Muhammadiyah.
3.5 Menyebutkan macam-macam amal usaha Muhammadiyah.
3.6 Menampilkan perilaku sesuai gerakan Muhammadiyah.
III. INDIKATOR
• Mendeskripsikan pengertian Muhammadiyah sebagai gerakan Islam.
• Mendeskripsikan latar belakang berdirinya Muhammadiyah.
• Paham maksud gerakan Muhammadiyah.
• Menyebutkan tujuan gerakan Muhammadiyah.
• Paham amal usaha Muhammadiyah.
• Menyebutkan macam-macam amal usaha Muhammadiyah.
• Menunjukkan perilaku sesuai gerakan Muhammadiyah.
IV. TUJUAN PEMBELAJARAN
Setelah mempelajari bab ini, diharapkan siswa mampu:
1. Mendeskripsikan pengertian Muhammadiyah sebagai gerakan Islam.
2. Mendeskripsikan latar belakang berdirinya Muhammadiyah.
3. Menjelaskan maksud gerakan Muhammadiyah.
4. Menyebutkan tujuan gerakan Muhammadiyah.
5. Menjelaskan amal usaha Muhammadiyah.
6. Menyebutkan macam-macam amal usaha Muhammadiyah.
7. Menampilkan perilaku sesuai gerakan Muhammadiyah.
V. MATERI POKOK
Muhammadiyah sebagai gerakan Islam
VI. METODE PEMBELAJARAN
Diskusi, tanya jawab, penugasan
VII. LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
Kegiatan Awal:
• Apersepsi.
• Mengajak siswa untuk mengingat dan bertanya jawab materi yang telah lalu.
• Mengajak siswa merenungkan pertumbuhan dan perkembangan persyarikatan Muhammadiyah.
Kegiatan Inti:
• Siswa menjelaskan pengertian Muhammadiyah sebagai gerakan Islam.
• Siswa berdiskusi tentang latar belakang, maksud, dan tujuan Muhamamdiyah sebagai gerakan Islam.
• Siswa menelaah dan mengkaji amal usaha Muhammadiyah.
• Siswa menyebutkan macam-macam amal usaha Muhammadiyah.
• Tanya jawab untuk memahami hasil-hasil amal usaha Muhammadiyah.
• Siswa membuat laporan tentang perilaku yang sesuai gerakan Muhammadiyah.
Kegiatan Akhir:
• Memberi tugas siswa untuk mengerjakan soal evaluasi.
• Member tugas siswa untuk wawancara dengan tokoh Muhammadiyah pengelola amal usaha Muhamamdiyah bidang pendidikan di lingkungan setempat.
• Menutup pertemuan dengan salam.
VIII. ALAT DAN SUMBER BELAJAR
• Majelis Pendidikan Dasar dan Menengah Pimpinan Pusat Muhammadiyah. 2008. Al-Islam dan Kemuhammadiyahan Kelas X Semester 1. Yogyakarta : Mentari Pustaka.
• Muhammadiyah sebagai Gerakan Islam: Mustafa Kamal Pasha dan Ahmad Adaby Darban: LPPI - UMY.
• Sumber lain yang relevan.
IX. PENILAIAN
• Tes lisan
• Tes tertulis
• Tes perbuatan
• Tes sikap
• Tes hasil karya
LEMBAR PENILAIAN
I. Tes Tertulis
No. | Butir-Butir Soal | Kunci Jawaban |
1. 2. 3. | ……………………………. ……………………………. ……………………………. | ……………………………. ……………………………. ……………………………. |
II. Tes Perbuatan
Interview dengan para pengelola amal usaha Muhammadiyah di wilayah pimpinan cabang tempat tinggal siswa.
No. | Nama | Mengenal tokoh pengelola amal usaha Muhammadiyah di sekitar tempat tinggal | ||||
A | B | C | D | E | ||
1. 2. 3. | ….. ….. ….. |
Keterangan Skor Tes Perbuatan
1. Interaksi intens dan akrab 80 – 90 = A
2. Interaksi intens 70 – 79 = B
3. Interaksi akrab 60 – 69 = C
4. Interaksi sebatas mengenal 50 – 59 = D
5. Tidak ada interaksi kurang dari 50 = E
III. Tes Sikap
No. | Pernyataan | SS | S | TS | STS |
1. 2. 3. | Muhammadiyah sebagai gerakan Islam telah sesuai dan tepat sasaran dengan Surah Ali ‘Imran 104 yang diterjemahkan secara subtansial. Muhammadiyah sangat perlu menerjemahkan amal usaha di bidang sosial politik dan kenegaraan dengan terjun ke politik praktis membentuk partai politik. Muhammadiyah sebagai gerakan Islam, menerjemahkan |
Keterangan Skor Tes Sikap
SS : Sangat Setuju 4
S : Setuju 3
TS : Tidak Setuju 2
STS : Sangat Tidak Setuju 1
(Penentuan skor tes diserahkan kepada guru dengan mempertimbangkan bunyi pernyataan: positif atau negatif)
IV. Tes Hasil Karya
• Kegiatan membuat laporan
Aspek yang dinilai:
(1) kebenaran isi,
(2) alur berpikir dan bahasa,
(3) kreativitas,
(4) variasi sumber.
Tabel Penilaian
No. | Nama | Aspek yang Dinilai | Skor Nilai | Catatan Guru | |||
(1) | (2) | (3) | (4) | ||||
1. 2. 3. | ….. ….. ….. |
Catatan:
Skor penilaian yang digunakan.
(A) sangat baik : 85–100
(B) baik : 70–84
(C) kurang : 55–69
Klaten, Juli 20 …..
Kepala Guru Mata Pelajaran
JOKO PURWOTO, S.PdI
NBM. 944195
ijin kopas pak,
ReplyDeletetrimakasih semoga menjadi amal jariyah panjenengan
ijin copy ya pak.
ReplyDeleteKiyai saya numpang copes RPP ya. Sukran
ReplyDelete