RPP Kemuhammadiyahan Kelas XI Semester 3 SMK/SMA.MA Berdasarkan Standar Isi Terkini Free Download
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Nama Sekolah : SMK MUHAMMADIYAH 2 KLATEN UTARA
Mata Pelajaran : Al-Islam dan Kemuhammadiyahan/Kemuhammadiyahan
Kelas/Semester : XI / 3
Bab : XVI (1) Muhammadiyah dari Masa ke Masa
Waktu : .... x 45 menit
I. STANDAR KOMPETENSI
1. Memahami peran Muhammadiyah dari masa ke masa.
II. KOMPETENSI DASAR
1.1 Menjelaskan Muhammadiyah periode sebelum kemerdekaan (masa penjajahan Belanda dan Jepang).
1.2 Menjelaskan Muhammadiyah sesudah kemerdekaan sampai orde lama.
1.3 Menjelaskan Muhammadiyah masa orde baru sampai reformasi.
1.4 Menjelaskan Muhammadiyah paska Muktamar ke-45 di Malang.
1.5 Menampilkan perilaku nilai-nilai yang mencerminkan paham Muhammadiyah dari perkembangan sejarah dari waktu ke waktu.
III. INDIKATOR
• Menjelaskan Muhammadiyah periode sebelum kemerdekaan (masa penjajahan Belanda dan Jepang).
• Mendeskripsikan Muhammadiyah sesudah kemerdekaan sampai orde lama.
• Menjelaskan Muhammadiyah masa orde baru.
• Menguraikan Muhammadiyah orde reformasi.
• Menjelaskan Muhammadiyah paska Muktamar 45 di Malang.
• Menampilkan perilaku nilai-nilai yang mencerminkan paham Muhammadiyah dari perkembangan sejarah dari waktu ke waktu.
IV. TUJUAN PEMBELAJARAN
Setelah mempelajari bab ini, diharapkan siswa mampu:
• Menjelaskan Muhammadiyah periode sebelum kemerdekaan (masa penjajahan Belanda dan Jepang).
• Menjelaskan Muhammadiyah sesudah kemerdekaan sampai orde lama.
• Menguraikan Muhammadiyah masa orde baru.
• Menjelaskan Muhammadiyah orde reformasi.
• Menjelaskan Muhammadiyah paska Muktamar 45 di Malang.
• Menerapkan perilaku nilai-nilai yang mencerminkan faham Muhammadiyah dari perkembangan sejarah dari waktu ke waktu.
V. MATERI POKOK
Muhammadiyah dari masa ke masa
VI. METODE PEMBELAJARAN
Diskusi, tanya jawab, dan penugasan.
VII. LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
Kegiatan Awal:
• Apersepsi.
• Mengajak siswa merenungkan perjalanan Muhammadiyah pada masa awal kemerdekaan.
• Tanya jawab.
Kegiatan Inti:
• Siswa menggali informasi tentang sejarah Muhammadiyah periode sebelum kemerdekaan (masa penjajahan Belanda dan Jepang ).
• Siswa mempelajari dan merekonstruksi sejarah Muhammadiyah periode sesudah kemerdekaan sampai orde lama.
• Siswa mendiskusikan sejarah Muhammadiyah periode orde baru.
• Siswa bertanya jawab peran Muhammadiyah dalam periode orde reformasi hingga paska muktamar 45 di Malang .
Kegiatan Akhir:
• Memberi tugas kepada siswa untuk mengerjakan soal evaluasi.
• Member tugas kepada siswa untuk membuat makalah tentang kemajuan Muhammadiyah saat ini dengan rujukan berbagai hasil putusan tanwir 2007.
• Menutup pertemuan dengan salam.
VIII. ALAT DAN SUMBER BELAJAR
• Majelis Pendidikan Dasar dan Menengah Pimpinan Pusat Muhammadiyah.2008. Al-Islam dan Kemuhammadiyahan Kelas XI Semester 1. Yogyakarta : Mentari Pustaka.
• Muhammadiyah sebagai Gerakan Islam, Mustafa Kamal Pasha dan Ahmad Adaby Darban, LPPI UMY.
• Berita Resmi Muhammadiyah.
• Tanfidz keputusan Muktamar 45 di Malang.
• Sumber lain yang relevan.
IX. PENILAIAN
• Tes lisan
• Tes tertulis
• Tes perbuatan/sikap
• Tes hasil karya
LEMBAR PENILAIAN
I. Tes Perbuatan
• Kegiatan diskusi
Aspek yang dinilai:
(1) keberanian bertanya/berpendapat,
(2) keaktifan dalam diskusi,
(3) kualitas pertanyaan/pendapat.
Tabel Penilaian
No. | Nama | Aspek yang Dinilai | Skor Nilai | Catatan Guru | |||
(1) | (2) | (3) | (4) | ||||
1. 2. 3. | ….. ….. ….. |
Catatan:
Skor penilaian yang digunakan.
(A) sangat baik : 85–100
(B) baik : 70–84
(C) kurang : 55–69
II. Tes Sikap
No. | Pernyataan | SS | S | TS | STS |
1. 2. | Sikap Ki Bagus Hadi Kusuma yang sangat gigih menentang ”sei kerei” bertentangan dengan gerakan dakwah Muhammadiyah. Pergeseran Ketua PP Muhammadiyah dari latar belakang kiai (ulama) ke para akademisi intelektual membuat gerak dakwah Muhammadiyah berkurang. |
Keterangan Skor Tes Sikap
SS : Sangat Setuju 4
S : Setuju 3
TS : Tidak Setuju 2
STS : Sangat Tidak Setuju 1
(Penentuan skor tes diserahkan kepada guru dengan mempertimbangkan bunyi pernyataan: positif atau negatif)
III. Tes Tertulis
No. | Butir-Butir Soal | Kunci Jawaban |
1. 2. 3. | ………………………………… ………………………………… ………………………………… | ………………………………… ………………………………… ………………………………… |
IV. Tes Hasil Karya
• Kegiatan membuat makalah
Aspek-aspek yang dinilai:
(1) alur berpikir,
(2) bahasa,
(3) kreativitas,
Tabel Penilaian
No. | Nama | Aspek yang Dinilai | Skor Nilai | Catatan Guru | |||
(1) | (2) | (3) | (4) | ||||
1. 2. 3. | ….. ….. ….. |
Catatan:
Skor penilaian yang digunakan.
(A) sangat baik : 85–100
(B) baik : 70–84
(C) kurang : 55–69
Klaten, Juli 20 …..
Guru Mata Pelajaran
JOKO PURWOTO, S.PdI
NBM. 944195
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Nama Sekolah : SMK MUHAMMADIYAH 2 KLATEN UTARA
Mata Pelajaran : Al-Islam dan Kemuhammadiyahan/Kemuhammadiyahan
Kelas/Semester : XI / 3
Bab : XVII (2) Landasan Dasar Persyarikatan Muhammadiyah
Waktu : .... x 45 menit
I. STANDAR KOMPETENSI
2. Memahami landasan idiologi persyarikatan Muhammadiyah.
II. KOMPETENSI DASAR
2.1 Menjelaskan pengertian muqaddimah AD/ART Muhammadiyah.
2.2 Menjelaskan sejarah perumusan muqaddimah AD/ ART Muhammadiyah.
2.3 Menjelaskan fungsi muqaddimah AD/ART Muhammadiyah.
2.4 Menjelaskan hakikat muqaddimah AD/ART Muhammadiyah.
III. INDIKATOR
• Menjelaskan pengertian muqaddimah AD/ART Muhammadiyah.
• Mendeskripsikan sejarah perumusan muqaddimah AD/ART Muhammadiyah.
• Menjelaskan fungsi muqaddimah AD/ART Muhammadiyah.
• Menguraikan hakikat muqaddimah AD/ART Muhammadiyah.
IV. TUJUAN PEMBELAJARAN
Setelah mempelajari bab ini, diharapkan siswa mampu:
• Menjelaskan pengertian muqaddimah AD/ART Muhammadiyah.
• Menguraikan sejarah perumusan muqaddimah AD/ART Muhammadiyah.
• Menerangkan fungsi muqaddimah AD/ART Muhammadiyah.
• Menjelaskan hakikat muqaddimah AD/ART Muhammadiyah.
V. MATERI POKOK
Landasan dasar persyarikatan Muhammadiyah
VI. METODE PEMBELAJARAN
Diskusi, tanya jawab, dan penugasan.
VII. LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
Kegiatan Awal:
• Apersepsi.
• Mengajak siswa untuk mengingat perjalanan Muhammadiyah pada saat awal berdiri.
• Tanya jawab.
Kegiatan Inti:
• Siswa menggali informasi tentang pengertian muqaddimah AD/ART Muhammadiyah.
• Siswa membaca dan mengkaji sejarah perumusan muqaddimah AD/ART Muhammadiyah.
• Siswa berdiskusi tentang fungsi muqaddimah AD/ART Muhammadiyah.
• Siswa bertanya jawab tentang hakikat muqaddimah AD/ART Muhammadiyah.
Kegiatan Akhir:
• Memberi tugas untuk mengerjakan soal evaluasi
• Memberi tugas siswa untuk membaca secara lengkap isi muqaddimah AD/ART Muhammadiyah
• Menutup pertemuan dengan salam
VIII. ALAT DAN SUMBER BELAJAR
• Majelis Pendidikan Dasar dan Menengah Pimpinan Pusat Muhammadiyah.2008. Al-Islam dan Kemuhammadiyahan Kelas XI Semester 1. Yogyakarta : Mentari Pustaka.
• Muhammadiyah sebagai Gerakan Islam , Mustafa Kamal Pasha dan Ahmad Adaby Darban , LPPI UMY.
• AD/ ART Muhammadiyah.
• Berita Resmi Muhammadiyah.
• Tanfidz keputusan Muktamar 45 di Malang .
• Sumber lain yang relevan.
IX. PENILAIAN
• Tes lisan
• Tes tertulis
• Tes perbuatan/Sikap
LEMBAR PENILAIAN
I. Tes Perbuatan
• Kegiatan diskusi
Aspek yang dinilai:
(1) keberanian bertanya/berpendapat,
(2) keaktifan dalam diskusi,
(3) kualitas pertanyaan/pendapat.
Tabel Penilaian
No. | Nama | Aspek yang Dinilai | Skor Nilai | Catatan Guru | |||
(1) | (2) | (3) | (4) | ||||
1. 2. 3. | ….. ….. ….. |
Catatan:
Skor penilaian yang digunakan.
(A) sangat baik : 85–100
(B) baik : 70–84
(C) kurang : 55–69
II. Tes Sikap
No. | Pernyataan | SS | S | TS | STS |
1. 2. | Banyak kegiatan amal usaha Muhammadiyah yang pelaksanaannya tidak sesuai dengan AD/ART Muhammadiyah. Pengurus organisasi Muhammadiyah di semua tingkat harus mengetahui dan memahami apa landasan dasar persyarikatan Muhammadiyah |
Keterangan Skor Tes Sikap
SS : Sangat Setuju 4
S : Setuju 3
TS : Tidak Setuju 2
STS : Sangat Tidak Setuju 1
(Penentuan skor tes diserahkan kepada guru dengan mempertimbangkan bunyi pernyataan: positif atau negatif)
III. Tes Tertulis
No. | Butir-Butir Soal | Kunci Jawaban |
1. 2. 3. | ………………………………… ………………………………… ………………………………… | ………………………………… ………………………………… ………………………………… |
Klaten, Juli 20 …..
Guru Mata Pelajaran
JOKO PURWOTO, S.PdI
NBM. 944195
No comments:
Post a Comment