Saturday 19 March 2011

 
RPP Kemuhammadiyahan Kelas XI Semester 3 SMK/SMA.MA Berdasarkan Standar Isi Terkini Free Download






RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Nama Sekolah     : SMK MUHAMMADIYAH 2 KLATEN UTARA
Mata Pelajaran     : Al-Islam dan Kemuhammadiyahan/Kemuhammadiyahan
Kelas/Semester   : XI / 3
Bab                         : XVI (1) Muhammadiyah dari Masa ke Masa
Waktu                     : .... x 45 menit

I.    STANDAR KOMPETENSI
1.      Memahami peran Muhammadiyah dari masa ke masa.

II.   KOMPETENSI DASAR
1.1    Menjelaskan Muhammadiyah periode sebelum kemerdekaan (masa penjajahan Belanda dan Jepang).
1.2    Menjelaskan Muhammadiyah sesudah kemerdekaan sampai orde lama.
1.3    Menjelaskan Muhammadiyah masa orde baru sampai reformasi.
1.4    Menjelaskan Muhammadiyah paska Muktamar ke-45 di Malang.
1.5    Menampilkan perilaku nilai-nilai yang mencerminkan paham Muhammadiyah dari perkembangan sejarah dari waktu ke waktu.

III. INDIKATOR
•        Menjelaskan Muhammadiyah periode sebelum kemerdekaan (masa penjajahan Belanda dan Jepang).
•        Mendeskripsikan Muhammadiyah sesudah kemerdekaan sampai orde lama.
•        Menjelaskan Muhammadiyah masa orde baru.
•        Menguraikan Muhammadiyah orde reformasi.
•        Menjelaskan Muhammadiyah paska Muktamar 45 di Malang.
•        Menampilkan perilaku nilai-nilai yang mencerminkan paham Muhammadiyah dari perkembangan sejarah dari waktu ke waktu.

IV. TUJUAN PEMBELAJARAN         
Setelah mempelajari bab ini, diharapkan siswa mampu:
•        Menjelaskan Muhammadiyah periode sebelum kemerdekaan (masa penjajahan Belanda dan Jepang).
•        Menjelaskan Muhammadiyah sesudah kemerdekaan sampai orde lama.
•        Menguraikan Muhammadiyah masa orde baru.
•        Menjelaskan Muhammadiyah orde reformasi.
•        Menjelaskan Muhammadiyah paska Muktamar 45 di Malang.
•        Menerapkan perilaku nilai-nilai yang mencerminkan faham Muhammadiyah dari perkembangan sejarah dari waktu ke waktu.

V.   MATERI POKOK
Muhammadiyah dari masa ke masa

VI. METODE PEMBELAJARAN
Diskusi, tanya jawab, dan penugasan.

VII. LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
Kegiatan Awal:
•        Apersepsi.
•        Mengajak siswa merenungkan perjalanan Muhammadiyah pada masa awal kemerdekaan.
•        Tanya jawab.
 
Kegiatan Inti:
•        Siswa menggali informasi tentang  sejarah Muhammadiyah periode sebelum kemerdekaan (masa penjajahan Belanda dan Jepang ).
•        Siswa mempelajari dan merekonstruksi  sejarah Muhammadiyah periode sesudah kemerdekaan sampai orde lama.
•        Siswa mendiskusikan sejarah Muhammadiyah periode orde baru.
•        Siswa bertanya jawab  peran Muhammadiyah dalam periode orde reformasi hingga paska muktamar 45 di Malang.
Kegiatan Akhir:
•        Memberi tugas kepada siswa untuk mengerjakan soal evaluasi.
•        Member tugas kepada siswa untuk membuat makalah tentang  kemajuan Muhammadiyah saat ini dengan rujukan berbagai hasil putusan tanwir 2007.
•        Menutup pertemuan dengan salam.


VIII. ALAT DAN SUMBER BELAJAR
•        Majelis Pendidikan Dasar dan Menengah  Pimpinan Pusat Muhammadiyah.2008. Al-Islam dan Kemuhammadiyahan Kelas XI Semester 1. Yogyakarta: Mentari Pustaka.
•        Muhammadiyah sebagai Gerakan Islam, Mustafa Kamal Pasha dan Ahmad Adaby Darban, LPPI UMY.
•        Berita Resmi Muhammadiyah.
•        Tanfidz keputusan Muktamar 45 di Malang.
•        Sumber lain yang relevan.


IX. PENILAIAN
•        Tes lisan
•        Tes tertulis
•        Tes perbuatan/sikap
•        Tes hasil karya

LEMBAR PENILAIAN
I.    Tes Perbuatan
• Kegiatan diskusi
Aspek yang dinilai:
(1) keberanian bertanya/berpendapat,
(2) keaktifan dalam diskusi,
(3) kualitas pertanyaan/pendapat.

Tabel Penilaian

No.
Nama
Aspek yang Dinilai
Skor Nilai
Catatan Guru
(1)
(2)
(3)
(4)
1.
2.
3.

…..
…..
…..







Catatan:
Skor penilaian yang digunakan.
(A) sangat baik              : 85–100
(B) baik                            : 70–84
(C) kurang                      : 55–69

II.   Tes Sikap
No.
Pernyataan
   SS
S
TS   
STS
1.



2.

Sikap Ki Bagus Hadi Kusuma yang sangat gigih
menentang ”sei kerei” bertentangan dengan gerakan dakwah Muhammadiyah.

Pergeseran Ketua PP Muhammadiyah dari latar belakang
kiai (ulama) ke para akademisi intelektual membuat gerak
dakwah Muhammadiyah berkurang.




Keterangan                                                                    Skor Tes Sikap
SS    : Sangat Setuju                                                    4
S       : Setuju                                                                  3
TS     : Tidak Setuju                                                       2
STS : Sangat Tidak Setuju                                          1
(Penentuan skor tes diserahkan kepada guru dengan mempertimbangkan bunyi pernyataan: positif atau negatif)
III. Tes Tertulis
No.
Butir-Butir Soal
Kunci Jawaban

1.
2.
3.



…………………………………
…………………………………
…………………………………

…………………………………
…………………………………
…………………………………


IV. Tes Hasil Karya
•        Kegiatan membuat makalah
Aspek-aspek yang dinilai:
(1)    alur berpikir,
(2)    bahasa,
(3)    kreativitas,

Tabel Penilaian

No.
Nama
Aspek yang Dinilai
Skor Nilai
Catatan Guru
(1)
(2)
(3)
(4)
1.
2.
3.

…..
…..
…..







Catatan:
Skor penilaian yang digunakan.
(A) sangat baik              : 85–100
(B) baik                            : 70–84
(C) kurang                      : 55–69



Klaten,       Juli 20 …..

Guru Mata Pelajaran




JOKO PURWOTO, S.PdI
NBM. 944195


 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Nama Sekolah     : SMK MUHAMMADIYAH 2 KLATEN UTARA
Mata Pelajaran     : Al-Islam dan Kemuhammadiyahan/Kemuhammadiyahan
Kelas/Semester   : XI / 3
Bab                         : XVII (2) Landasan Dasar Persyarikatan Muhammadiyah
Waktu                     : .... x 45 menit

I.    STANDAR KOMPETENSI
2.      Memahami landasan idiologi persyarikatan Muhammadiyah.

II.   KOMPETENSI DASAR
2.1    Menjelaskan pengertian muqaddimah AD/ART Muhammadiyah.
2.2    Menjelaskan sejarah perumusan muqaddimah AD/ ART Muhammadiyah.
2.3    Menjelaskan fungsi muqaddimah AD/ART Muhammadiyah.
2.4    Menjelaskan hakikat muqaddimah AD/ART Muhammadiyah.

III. INDIKATOR
•        Menjelaskan pengertian muqaddimah AD/ART Muhammadiyah.
•        Mendeskripsikan sejarah perumusan muqaddimah AD/ART Muhammadiyah.
•        Menjelaskan fungsi muqaddimah AD/ART Muhammadiyah.
•        Menguraikan hakikat muqaddimah AD/ART Muhammadiyah.

IV. TUJUAN PEMBELAJARAN
Setelah mempelajari bab ini, diharapkan siswa mampu:
•        Menjelaskan pengertian  muqaddimah AD/ART Muhammadiyah.
•        Menguraikan sejarah perumusan muqaddimah AD/ART Muhammadiyah.
•        Menerangkan fungsi  muqaddimah AD/ART Muhammadiyah.
•        Menjelaskan hakikat  muqaddimah AD/ART Muhammadiyah.

V.   MATERI POKOK
Landasan dasar persyarikatan Muhammadiyah

VI. METODE PEMBELAJARAN
Diskusi, tanya jawab, dan penugasan.

VII. LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
Kegiatan Awal:
•        Apersepsi.
•        Mengajak siswa untuk mengingat perjalanan Muhammadiyah pada saat awal berdiri.
•        Tanya jawab.
Kegiatan Inti:
•        Siswa menggali informasi tentang pengertian muqaddimah AD/ART Muhammadiyah.
•        Siswa membaca dan mengkaji sejarah perumusan  muqaddimah AD/ART Muhammadiyah.
•        Siswa berdiskusi tentang fungsi  muqaddimah AD/ART Muhammadiyah.
•        Siswa bertanya jawab tentang hakikat  muqaddimah AD/ART Muhammadiyah.


Kegiatan Akhir:
         Memberi tugas untuk mengerjakan soal evaluasi
•        Memberi tugas siswa untuk membaca secara lengkap isi muqaddimah AD/ART Muhammadiyah
•        Menutup pertemuan dengan salam

VIII. ALAT DAN SUMBER BELAJAR
•        Majelis Pendidikan Dasar dan Menengah  Pimpinan Pusat Muhammadiyah.2008. Al-Islam dan Kemuhammadiyahan Kelas XI Semester 1. Yogyakarta: Mentari Pustaka.
•        Muhammadiyah sebagai Gerakan Islam , Mustafa Kamal Pasha dan Ahmad Adaby Darban , LPPI UMY.
•        AD/ ART Muhammadiyah.
•        Berita Resmi Muhammadiyah.
•        Tanfidz keputusan Muktamar 45 di Malang .
•        Sumber lain yang relevan.

IX. PENILAIAN
•        Tes lisan
•        Tes tertulis
•        Tes perbuatan/Sikap

LEMBAR PENILAIAN
I.    Tes Perbuatan
• Kegiatan diskusi
Aspek yang dinilai:
(1) keberanian bertanya/berpendapat,
(2) keaktifan dalam diskusi,
(3) kualitas pertanyaan/pendapat.

Tabel Penilaian
No.
Nama
Aspek yang Dinilai
Skor Nilai
Catatan Guru
(1)
(2)
(3)
(4)
1.
2.
3.

…..
…..
…..






Catatan:
Skor penilaian yang digunakan.
(A) sangat baik              : 85–100
(B) baik                            : 70–84
(C) kurang                      : 55–69

II.   Tes Sikap
No.
Pernyataan
   SS
S
TS   
STS
1.


2.

Banyak kegiatan amal usaha Muhammadiyah yang pelaksanaannya tidak sesuai dengan AD/ART Muhammadiyah.

Pengurus organisasi Muhammadiyah di semua tingkat harus mengetahui dan memahami apa landasan dasar persyarikatan Muhammadiyah




Keterangan                                                                    Skor Tes Sikap
SS    : Sangat Setuju                                                    4
S       : Setuju                                                                  3
TS     : Tidak Setuju                                                       2
STS : Sangat Tidak Setuju                                          1
(Penentuan skor tes diserahkan kepada guru dengan mempertimbangkan bunyi pernyataan: positif atau negatif)

III. Tes Tertulis
No.
Butir-Butir Soal
Kunci Jawaban

1.
2.
3.



…………………………………
…………………………………
…………………………………

…………………………………
…………………………………
…………………………………




Klaten,       Juli 20 …..

Guru Mata Pelajaran




JOKO PURWOTO, S.PdI
NBM. 944195


 


No comments:

Post a Comment