Thursday 24 March 2011

Artikel Kemuhammadiyahan Kelas XI Semester 4 Free Download



KEMUHAMMMADIYAHAN
Kelas XI Semester 4


 BAB  XVI (2)
LANDASAN IDIOLOGI PERSYARIKATAN MUHAMMADIYAH

A.     Pengertian dan Sejarah Perumusan Matan Keyakinan dan Cita-Cita Hidup Muhammadiyah (MKCHM)
1.     Pengertian MKCHM
MKCHM adalah sebuah teks dab putusan resmi persyarikatan yang disahkan oleh sidang Tanwir. Berisi tentang matan atau teks keyakinan dan cita-cita persyarikatan.

2.     Sejarah Perumusan  MKCHM
MKCHM diputuskan oleh sidang Tanwir Muhammadiyah Tahun 1969 di Ponorogo. Keputusan Tersebut dalam rangka melaksanakan amanat Muktamar Muhammadiyah ke-37 tahun 1968 di Yogyakarta. Kemudian Matan ini diubah dan disempurnakan oleh Pimpinan Pusat Muhammadiyah. Khususnya dari segi peristilahan berdasarkan amanat dan kuasa Tanwir Muhammadiyah tahun 1970.
Muktamar ke-37 tahun 1968 di Yogyakarta bertema Tajdid Muhammadiyah. Agenda Tajdid Muhammadiyah dalam muktamar tersebut adalah mengadakan pembaruan dalam berbagai bidang antara lain:
a.     Ideologi (keyakinan dan cita-cita hidup).
b.     Khittah perjuangan.
c.     Gerak dan amal usaha.
d.     Organisasi.
e.     Sasaran (tajdid).
Perlu diketahui bahwa muktamar ini adalah yang pertama kali digelar memasuki zaman orde baru. Pada waktu itu tokoh-tokoh Muhammadiyah melakukan semacam muhasabah, otokritik. Dalam muktamar itulah dirasakan perlu melakukan koreksi total. Salah satu tekad itu adalah tajdid dalam bidang ideologi. Walhasil, terbentuk salah satu keputusan muktamar yang dikenal dengan “Keyakinan dan Cita-Cita Hidup Muhammadiyah”.

B.      Fungsi dan Hakikat MKCHM
1.     Fungsi MKCHM
MKCHM berfungsi sebagai petunjuk arah menuju cita-cita yang diperjuangkan. Fungsi MKCM dari sudut isinya adalah penegasan tentang kedudukan manusia di hadapan Allah dan diantara manusia sendiri, yaitu:
a.   Manusia berfungsi sebagai hamda
b.   Manusia berfungsi sebagai khalifah di muka bumi.


2.     Hakikat MKCHM
MKCHM berhubungan erat dengan pandangan idiologis. Rumusan ideologi tersebut merupakan hasil Tanwir Ponorogo tahun 1968 sebagai kelanjutan dan amanat muktamar ke-37 tahun 1968 di Yogyakarta. Pengertian ideologi di sini adalah “Keyakinan Hidup” (H.M. Djindar Tamimy, 1968: 6). Oleh karena itu, ideologi Muhammadiyah dapat disimpulkan sebagai “seperangkat pemikiran dan sistem perjuangan untuk mewujudkan cita-cita”, atau “sistem paham dan perjuangan untuk mewujudkan cita-cita”, yaitu “paham Islam dan sistem gerakan Muhammadiyah”. Namun demikian, MKCHM sebagai materi ideologi didukung pula dengan putusan-putusan organisasi lainnya yang menjadi pedoman resmi dalam Muhammadiyah. Aspek ideologi tersebut contohnya dapat ditemukan dalam substansi Muqoddimah Anggaran Dasar Muhammadiyah, Kepribadian, Khittah, Pedoman Hidup Islami Warga Muhammadiyah, dan Persyarikatan Pikiran Muhammadiyah Jelang Satu Abad.

3.     Rumusan/Teks MKCHM
a.     Muhammadiyah adalah gerakan Islam dan Dakwah Amar Ma’ruf Nahi Munkar, beraqidah Islam dan bersumber pada Al Quran dan Sunnah, bercita-cita dan bekerja untuk terwujudnya masyarakat utama, adil, makmur yang diridloi Allah, untuk melaksanakan fungsi dan misi manusia sebagai hamba dan khalifah Allah di muka bumi.
b.     Muhammadiyah berkeyakinan bahwa Islam adalah agama Allah yang diwahyukan kepada rasul-Nya, sejak Nabi Adam, Nuh, Ibrahim, Musa, Isa dan seterusnya sampai kepada Nabi Muhammad SAW, sebagai hidayah dan rahmat Allah kepada umat manusia sepanjang masa, dan menjamin kesejahteraan hidup materil dan spiritual, duniawi dan ukhrawi.
c.     Muhammadiyah dalam mengamalkan Islam berdasarkan: a) Al Quran, kitab Allah yang diwahyukan kepada Nabi Muhammad SAW, b) Sunnah Rasul, penjelasan dan pelaksanaan ajaran-ajaran Al Quran yang diberikan oleh Nabi Muhammad SAW, dengan menggunakan akal pikiran sesuai dengan jiwa ajaran Islam.
d.     Muhammadiyah bekerja untuk terlaksananya ajaran-ajaran Islam yang meliputi bidang-bidang yaitu:
1.    Aqidah Muhammadiyah bekerja untuk tegakanya aqidah Islam yang murni bersioh dari gejala-gejala syirik, bid’ah dan khurafat tanpa mengabaikan toleransi menurut ajaran Islam.
2.    Akhlaq Muhamamdiyah bekerja untuk tegaknya akhlaq mulia, berpedoman Al Quran dan Sunnah tidak bersendi kepada nilai-nilai ciptaan manusia.
3.    Ibadah Muhamamdiyah bekerja untuk tegaknya ibadah yang dituntunkan Nabi Muhammad SAW tanpa tambahan dan perubahan dari manusia.
4.    Muamalah Duniawiyah Muhamamdiyah bekerja untuk terlaksananya mu’amalat duniawiyah (pengolahan dunia dan pembinaan masyarakat) berdasarkan ajaran agama serta menjadi semua kegiatan dalam bidang ini sebagai ibadah kepada Allah SWT.
e.     Muhammadiyah mengajak segenap lapisan bangsa Indonesia yang telah mendapat karunia Allah berupa tanah air yang mempunyai sumber-sumber kekayaan, kemerdekaan bangsa dan Negara Republik Indonesia yang berdasar pada Pancasila dan UUD 1945, untuk berusaha bersama-sama menjadikan suatu Negara yang adil dan makmur dan diridloi Allah, “Baldatun Thayyibatun Wa Rabbun Ghafur” (Keputusan Tanwir Tahun 1969 di Ponorogo).

 Catatan: Rumusan matan di atas telah mendapat perubahan dan perbaikan oleh Pimpinan Pusat Muhammadiyah:
a.     Atas kuasa Tanwir tahun 1970 di Yogyakarta.
b.     Disesuaikan dengan keputusan Muktamar Muhammadiyah ke-41 di Surakarta.

4.     Sistematika dan Pedoman untuk Memahami Rumusan MKCHM
a.   Sistematika
Ada 5 angka rumusan MKCHM yang dibagi menjadi 3 kelompok:
Kelompok Kesatu: Mengandung pokok-pokok yang bersifat ideologi (terdiri dari poin Nomor 1) dan 2) yang berbunyi:
1)        Muhammadiyah adalah gerakan Islam dan dakwah amar ma’rug nahi munkar, beraqdah Islam dan bersumber Al Quran dan Sunnah, bercita-cita dan bekerja untuk terwujudnya masyarakat utama, adil dan makmur yang diridloi Allah SWT untuk melaksanakan fungsi dan misi manusia sebagai hamba dan khalifah Allah di muka bumi.
2)        Muhammadiyah berkeyakinan bahwa dalam Islam adalah agama Allah yang diwahyukan kepada para Rasul-Nya, sejak Nabi Adam, Nuh, Ibrahim, Isa dan seterusnya sampai Nabi Muhammad SAW sebagai hidayah dan rahmat Allah kepada umat manusia sepanjang masa dan menjamin kesejahteraan hidup materil dan spiritual, duniawi dan ukhrawi.
Kelompok Kedua: Mengandung pokok-pokok persoalan mengenai paham agama menurut Muhammadiyah (terdiri atas poin Nomor 3 dan 4) yang berbunyi:
3)        Muhammadiyah dalam mengamalkan Islam berdasarkan:
a)       Al Quran
       Kitab Allah yang diwahyukan kepada Nabi Muhammad SAW.
b)       Sunnah Rasul
Penjelasan dan pelaksanaan ajaran-ajaran Al Quran yang diberikan oleh Nabi Muhammad SAW, dengan menggunakan akal pikiran sesuai dengan jiwa ajaran Islam.
4)        Muhammadiyah bekerja untuk melaksanakan ajaran-ajaran Islam yang meliputi bidang-bidang sebagai berikut:
a)       Aqidah Muhammadiyah bekerja untuk tegakanya aqidah Islam yang murni bersioh dari gejala-gejala syirik, bid’ah dan khurafat tanpa mengabaikan toleransi menurut ajaran Islam.
b)       Akhlaq Muhamamdiyah bekerja untuk tegaknya akhlaq mulia, berpedoman Al Quran dan Sunnah tidak bersendi kepada nilai-nilai ciptaan manusia.
c)       Ibadah Muhamamdiyah bekerja untuk tegaknya ibadah yang dituntunkan Nabi Muhammad SAW tanpa tambahan dan perubahan dari manusia.
d)       Muamalah Duniawiyah Muhamamdiyah bekerja untuk terlaksananya mu’amalat duniawiyah (pengolahan dunia dan pembinaan masyarakat) berdasarkan ajaran agama serta menjadi semua kegiatan dalam bidang ini sebagai ibadah kepada Allah SWT.
Kelompok Ketiga: Mengandung persoalan mengenai fungsi dan misi Muhammadiyah dalam masyarakat Negara Republik Indonesia termuat dalam poin 5) yang berbunyi:
5)        Muhammadiyah mengajak segenap lapisan bangsa Indonesia yang telah mendapat karunia Allah berupa tanah air yang mempunyai sumber-sumber kekayaan, kemerdekaan bangsa dan Negara Republik Indonesia yang berdasar pada Pancasila dan UUD 1945, untuk berusaha bersama-sama menjadikan suatu Negara yang adil dan makmur dan diridloi Allah, “Baldatun Thayyibatun Wa Rabbun Ghafur”.

b.   Memahami KCHM
Keyakinan dan Cita-Cita Hidup Muhammadiyah (KCHM) memuat hal-hal sebagai berikut:
1)      Ideologi
2)      Paham Agama
3)      Ijtihad
4)      Kesatuan Ajaran

5.     Fungsi dan Misi Muhammadiyah
Berdasarkan keyakinan dan cita-cita hidup yang bersumberkan ajaran Islam yang murni seperti tesrebut di atas, Muhammadiyah menyadari kewajibannya, berjuang dan mengajak segenap golongan dan lapisan bangsa Indonesia untuk mengatu dan membangun tanah air dan Negara Indonesia sehingga merupakan masyakarat dan Negara adil dan makmur, sejahtera bahagia, material dan spiritual yang diridloi Allah SWT.
Mengingat perkembangan sejarah semua yang ingin dilaksanakan Muhammadiyah dari keyakinan dan cita-citanya, adalah hal yang wajar. Pola perjuangan Muhammadiyah menggunakan da’wah Islam Amar Ma’ruf Nahi Munkar dalam arti dan proporsi yang sebenar-benarnya sebagai jalan satu-satunya. Lebih lanjut untuk mengetahui tentang itu dapat dilihat dan dipahami dalam Khittah Perjuangan Muhammadiyah.      

24 comments:

  1. Assalamu'alaikum Wr. Wb.
    Saya Murid Bapak SMK Muh 2 Klaten Utara Klas X, Terima Kasih Byk Za Pak atas Tugas yang diberikan di Dunia Maya di Blog "jepepastibisa", sehingga Saya Semakin Terbiasa Mengerjakan Tugas-Tugas Mapel Kemuhammadiyahan di Dunia Maya. Wassalamu'alaikum Wr. Wb.

    ReplyDelete
  2. Contoh Memberi Komentar by JOKO PURWOTO, S,PdI

    ReplyDelete
  3. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  4. aasss..

    mkciee yya pak dahh kciee tugas lewat dunia maya..
    semoga bermanfaat bagi kamii,..
    amienndtt..
    wasss...
    Ella.S.a/2ak1/08

    ReplyDelete
  5. ASSALAMU'ALAIKUM WR.WB
    terima kasih atas tugasnya pak, Krn berkat tugas ini kami bisa mendapat pengetahuan yang lebih banyak lagi.

    WASSALAMU'ALAIKUM WR. WB
    Tyas 2ap3

    ReplyDelete
  6. ASSALAMUALAIKUM WR.WB

    Terima kasih atas tugas yang diberikan bapak, berkat tugas ini saya lebih mengetahui tekhnologi modern dengan mengerjakan tugas dunia maya ini,
    semoga tugas ini bermanfaat buat saya,
    amienttt,
    WASSALAMUALAIKUM WR.WB
    IKHA 2AK4

    ReplyDelete
  7. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  8. asalammualikum wr.wb.

    Terima kasih pak.joko sudah memberikan tugas kemuhammadiyahan ini,,dengan menggunakn lewat dunia maya,...
    karena tugas ini,,saya bisa mengerti dengan luas hal dunia maya... makasih pak?????????????

    wasalammualaikum wr.wb

    IKA.
    13.
    XI.Ak4

    ReplyDelete
  9. Assalammualaikum Wr.Wb

    Terima kasih Bp.Joko Purwoto yang telah memberikan soal-soal pelajaran kemuhammadiyahan melalui dunia maya ini,sehingga saya dapat lebih paham tentang pelajaran kemuhammadiyahan.

    Wassalammualaikum Wr.Wb

    MITA.09.XI.Ak4

    ReplyDelete
  10. assalamualaikum wr.wb

    Maturnuwun pak............
    sudah memberi tugas ini.melalui dunia maya....sehingga saya telah mengetahui lebih luas dengan dunia maya ini.

    wassalammualaikum wr.wb

    ERWIN WIDYA NINGSIH. 10. XI.Ak4

    ReplyDelete
  11. Arum Mariyani (02) XI Ap3

    Assalamu'alaikum wr.wb.......

    Makasih ya pak atas tugas yang di berikan bapak lewat internet sehingga saya menjadi lebih luas pengetahuannya tentang dunia maya..........
    Wassalamu'alaikum wr.wb

    ReplyDelete
  12. Tri sulis XI AP 1

    assalamu'alaikum wr.wb.........

    Maksih pak dengan tugas ini saya dapat lebih mudah mempelajari materi kemuhammadiyahan.
    wassalamu'alaikum wr.wb.

    ReplyDelete
  13. Suci Dwi a 2 ak 2
    assalamu'alaikum Wr.wb

    makasih pak atas tgas yang anda berikan sm0ga bermanfaat
    wasalamu'alaikum

    ReplyDelete
  14. Indah Sulistiana 2AK2
    Assalamu'alaikum Wr.Wb


    Makasih pak,atas tgas yg bpk berikan dlam dunia maya ni,semoga brmanfaat bwt kami.
    Wassalamu'alaikum.Wr.Wb

    ReplyDelete
  15. isnaini 2 ak 2
    assalamu'alaikum wr.wb


    makasih pak atas tugas yang bapak berikan smoga bermanfaat bwt kami
    wassalamu'alaikum

    ReplyDelete
  16. nur F 2 Ak 2

    assalama'alaikum wr wb....

    makasih pak atas tugas yang bapak berikan moga dapat menambah wawasan
    wassalamu'alaikum

    ReplyDelete
  17. Fitriyani ,XI AP2

    Assalamualaikum wr.wb.

    Terima kasih pak joko atas pemberian tugasnya.
    semoga bermanfaat bagi kami & semoga pak joko sukses selalu. Amin .

    Wassalamualaikum wr.wb.

    ReplyDelete
  18. chairun 2 ak 1
    assalamu'aialkum,,


    masasih ya pak atas tugas yang bapak

    sudah memberi tugas ini.melalui dunia maya....sehingga saya telah mengetahui lebih luas dengan dunia maya ini.
    wa'alaikumsalam,,,,wr wb

    ReplyDelete
  19. huzaifah 2 ak 2
    assalamu'alaikum

    mkciee yya pak dahh kciee tugas lewat dunia maya..
    semoga bermanfaat bagi kamii,..
    wassalau'alaikum

    ReplyDelete
  20. Alfi. XI AK 2
    assalamu'alaikum wr.wb....

    Pak trimaksih atas tugas yg tlah di berikan lewat dunia maya ini,,,,,
    smoga dapat bermanfat bagi kami smua & bisa menambah wawasan kami,,,,

    wassalamu'alaikum wr.wb.....

    ReplyDelete
  21. veni puspitasari (28) AP3

    assalamualaikum pak
    makasih ya pak atas tugas yang telah diberikan lewat dunia maya. sehingga bisa menambah ilmu pengetahuan saya lewat dunia maya ini.

    wassalamu'alaikum wr.wb

    ReplyDelete
  22. nur fitriani (14) 2ap3

    assalamualaikum pak....
    terimakasih ya pak atas tugas yg telah diberikan lewat dunia maya ini....supaya bisa menambah wawasan kami semua.... amien

    wassalamualaikumsalam wr.wb

    ReplyDelete
  23. kartika ayu (18) XI MM2

    assalammu'alaikum wr wb
    pak,trmaksih y ats tgas yg bpak brikan kpd kami lewat dunia maya in,,kami mnjadi lbih mngerti ttng dunia maya in,,spaya bisa brmanfa'at bgie kta cmua,,amien
    wassalammu'alaikum wr wb

    ReplyDelete
  24. Assalamualaikim wr wb
    Terima kasih, materi ini membantu menyelesaikan tugas kemuhammadiyaan dan semoga materi ini bisa menambah pengetahuan dan wawasan bagi kita semua.

    ReplyDelete